Minggu, 13 September 2015

Sosial Budaya Kabupaten Bandung Barat






Assalamu’alaikum..
Kami dari kelompok 2, mau nyebutin apa aja sosial budaya di Kabupaten Bandung Barat niih dari mulai tempat wisata yang bisa di kunjungi, makanan khasnya yang pastinya unik, Cerita legenda daerahnya,Tarian khas, dan suku yang ada di Bandung Barat.

  • Tempat Wisata di Kabupaten Bandung Barat


1.       SITU CIBURUY
Situ Ciburuy itu adalah sebuah danau yang alami dan cukup terkenal di kalangan nusantara. Saking terkenalnya, situ ini sampai di buat jadi tema lagu tradisional. Letak situ ini ga terlalu jauh dari sebuah kota di Bandung Barat,Padalarang. Situ ini luasnya sampai 25hektar looh pulaunya rindang pemandangan alamnya juga menabjukan. Untuk sampai ke tengah danau, kalian bisa menyewa perahu aneka warna dengan harga Rp 15.000.

   

2.       CURUG MALELA
Curug ini tingginya sekitar 60-70 m dan lebar 50 m dengan hulu sungai berasal dari lereng utara Gunung Kendeng yang nantinya mengalir membentuk jaringan sungai Cidadap dan bermuara ke Cisokan. Airnya deras, dan kalau kita beruntung kita bisa melihat ratusan monyet ekor panjang sedang minum air di bawah Curug Malela. Curug ini terletak di desa Cicadas, kecamatan Rongga,
 Kabupaten Bandung Barat.





3.       CURUG CIMAHI
Curug Cimahi mempunyai ketinggian sekitar 87 m, dan merupakan curug tertinggi di wilayah Bandung dan sekitarnya. Kalau dilihat dari atas, curug ini memiliki dua tingkat dan termasuk unik. Sesuai namanya, cimahi alias cukup dalam bahasa sunda. Letaknya di Jl.Kolonel Masutri – kecamatan Cisarua -Kabupaten Bandung Barat.



4.       OBSERVATORIUM BOSSCHA
Nah, ini adalah salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia. Dibangun oleh Nedelandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging (NISV) *agak susah namanya* atau sebut aja Perhimpunan Bintang Hindia Belanda.Letaknya di Jl.Peneropongan Bintang Lembang – Kabupaten Bandung Barat.


5.       DE’RANCH
De’Ranch ini merupakan obyek wisata baru. Salah satu arenanya adalah menunggang kuda ala cowboy wohoo. Ga cuma menunggang kuda, ditempat ini ada sapi – sapi ditempatkan di kandang yang luas. Juga ada olahraga ekstrem seperti flying fox, rock climbing, dsb. Pemandangan di De’Ranch juga indah,pengunjung diajak menikmati suasana alam dan peternakan sebenarnya asikk banget deeh. Letaknya di Jl. Maribaya no.17 - Lembang – Kabupaten Bandung Barat.



Itu tadi merupakan sebagian tempat – tempat wisata yang ada di Bandung Barat, sebenarnya masih banyak lagi tempat pariwisata yang cocok untuk dikunjungi. Mengingat lokasi Bandung Barat yang strategis dan pas untuk menikmati alam yang sebenarnya. Kalo lagi di Bandung,patut di kunjungi nih tempat tempat tadi.


  • Makanan Khas

Selain mempunyai pemandangan yang indah, udara sejuk, tempat belanja. Bandung dan sekitarnya juga memiliki julukan “Surga Kuliner” Makanan khas yang menarik dan variasi makanan yang banyak tersedia bikin Bandung jadi kota yang paling diminati.

1.       Wajit
Makanan yang terbuat dari beras ketan, gula merah dan kelapa yang dimasak jadi satu. Wajit ini oleh-oleh asli Cililin looh, Kabupaten Bandung Barat. Wajit Cililin punya keunikan tersendiri karena dibungkus dengan cangkang jagung.


2.       Tahu Lembang
Unik dan menarik beda niih dengan tahu lain yang biasanya dibuat dengan adonan kedelai,tetapi beda dengan tahu ini yang dibuat dengan susu sapi. Kreatif yaaaa


3.       Bandros
Bandros kota Bandung adalah makanan yang terbuat dari tepung terigu yang di adon dengan santan kelapa,lalu di masak di atas cetakan cekung dengan taburan kelapa parut. Hmm,enak disantap selagi masih hangat hehe. Harganya Rp 3000/5 bandros.





4.       Surabi Bandung
Serabi serupa dengan pancake namun terbuat dari tepung beras dan diberi kuah cair yang manis kayak akuwh._.

 
5.       Colenak
Colenak adalah singkatan dari di coCOL ENAK, dibuat dari peuyem yang dibakar kemudian disajikan dengan saus yang terbuat dari parutan kelapa dan gula merah.


6.       Seblak
Makanan yang dibuat dari kerupuk rebus,dicampur racikan bumbu pedas yang biasanya terdiri dari Cabau, bawang putih, garam dan kencur. Seblak ini ada 2 macam, Seblak kering dan basah.

       


  • Cerita Legenda

 legenda Situ Ciburuy
Awalnya Situ Ciburuy itu merupakan 2 buah sungai yang kecil yang menghubungkan Desa Ciburuy. Pada waktu itu, tahun 1981 lokasi tempat bertemunya dua sungai itu dibendung. Lalu airnya di buat sedemikian rupa sebagai sarana pengairan sawah di desa biar ga terbuang sia sia laah istilahnya. Seiring berjalan waktu, air dan bendungan semakin naik dan menyebabkan wilayah sekitar tergenang. Namun anehnya tanah yang paling tinggi yang berada di tengah danau tidak ikut tergenang,sehingga keliatan seperti pulau mungil. Kemudian oleh warga di beri nama Situ Ciburuy. yang berarti danau Ciburuy.



  • Tarian Khas

Siapa sih yang ga tau tari Jaipong? Hmm,Tari Jaipong ini merupakan salah satu ikon kesenian Jawa Barat, sering banget di pertontonkan pada acara penting untuk menghibur tamu asing yang datang ke Jawa Barat. Tarian ini lahir dari kreatifitas seniman Bandung bernama Gugum Gumbira.


  • Suku

Suku mayoritas yang ada di Kabupaten Bandung Barat sebagai berikut:
·         suku Sunda atau yang biasanya sering disebut orang Priangan. Pola perkampungannya mengelompok padat dan terdiri dari beberapa puluh buah rumah yang msing-masing juga mengelompok, kelompok rumah dalam sebuah kampung itu disebut babakan.
·         Suku betawi
·         Suku Baduy

Sekian..Terimakasiih dan Semoga bermanfaat^^


Oleh :    Deniza Lustyana K

Tidak ada komentar:

Posting Komentar